METODE MENGHAFAL AL QURAN

 HAFALAN METODE SALAFUSHALIH


Pertama : Pengulangan

Kedua : Mengikat

Ketiga :  Muroja'ah

Sumber dari : https://youtu.be/1pmKnfYur4I?si=Z_RvH_R4sYt74CFX

Jika ingin menghafal maka hendaknya ia :

1. Memulai medengarkan bacaan yang bagus. Setelah itu ia mulai menghafal untuk 1 hari. Hafalan dilakukan selalu dari ayat Pertama di halaman tersebut sampai ayat pertama pada halaman berikutnya agar bisa mengikat hafalan tersebut. Mengikat antara satu halaman dengan halaman sebelumnya.


Jika telah menghafal satu halaman dengan mutqin. Bedakan antara hafal secara mutqin dengan hafal hanya sekedar gambaran. Hafalan secara gambaran hanya dengan meletakkan mushaf hafalan sudah tidak tenang, ini hanya gambaran bukan benar-benar hafal.


1. Setelah menghafal bagian ini, saatnya tutup mushaf, kemudian ulangi hafalan tersebut 40 kali.

Pengulangan tidak dilakukan saat sedang menghafal, pengulangan dilakukan setelah hafalan meyakinkan dengan mutqin. Selesailah hari ini satu halaman.


2. Besok, halaman kedua. 

Pada halaman kedua dia menerapkan metode seperti yang dia lakukan pada hafalan kemarin. Yaitu mengulanginya 40 kali (setelah hafal).


Hafalannya yang kemarin diulanginya 5 kali.


3. Pada hari ke 3 harud diingat !! Bahwa disaat seseorang mengulan hafalannya tidak boleh membuka mushaf. 

Pada hari ketiga dia menghafal halaman ketiga, (setelah hafal) dia mengulanginya 40 kali, Hafalan yang kemaren diulanginya 5 kali, dan hafalan yang pertama diulanginya 1 kali.


Seseorang sampai di halaman 20, berapa kali dia mengulangi halaman 20? 40 kali. Yang halaman 19 diulangi 5 kali. Dari halaman pertama sampai halaman 18 diulanginya 1 kali.


Ingat selalu bahwa muraja'ah tanpa memegang mushaf.


Banyak yang bertanya, sampai kapan saya mengulangi hafalanku setiap hari dari awal sampai akhir?

Katakan : Sampai hafalan 2 Juz, jika hafalan sudah sampai 2 juz, setelah itu muro'jaah dibagi dua hari, Anda muro'jaah hari ini Juz 1, dan besok Juz 2. Hari ke tiga Juz 1, hari ke empat Juz 2.


Hafalan sampai 8 Juz, maka dibagi menjadi 4 hari dan begitu seterusnya.


Setiap kali bertambah hafalan betambah pula muroja'ahnya.

Hal paling menyenangkan dalam hal ini adalah seseorang muroja'ah tanpa melihat mushaf sehingga mau memuroja'ah dimana saja dan kapan saja bisa dilakukan. Tanpa membutuhkan waktu khusus untuk muroja'ah dengan membuka al-qur'an.


Inilah buah yang akan di capai seseorang dari metode ini.





Postingan populer dari blog ini

Anfiq unfiq alaik(a)

APAKAH KOTORAN KUCING NAJIS Ustadz Badru Salam

WA'ALAIKUMSALAM ATAUKAH WA'ALAIKUMUSSALAM